Januari 18, 2021

Warta Guru NTT.com

Pena Guru Milenial

Tantangan Pembelajaran Online Selama Wabah Covid-19

meluruskan salah kaprah

Niko Taman

Pilih Untuk Berbagi

Kelima , kemampuan ekonomi orang tua siswa

Salah satu tantangan pembelajaran online saat ini adalah kemampan ekonomi orang tua siswa dalam mengadakan Hand Phone Android yang merupakan fasilitas utama dalam kegiatan belajar online. Cukup banyak siswa dari keluarga ekonomi kurang mampu tidak memiliki ponsel androit sehingga tidak dapat  bergabung dalam kegiatan belajar online. Meskipun  orang tua mampu membeli fasilitas tersebut, mereka masih terbebani dengan biaya pembelian kuota internet. Hal tersebut jelas membuat kebutuhan belajar anak-anak mereka terabaikan. Kunjungan  rumah (home visit) tentu menjadi solusi terbaik untuk melayani peserta didik yang mengalami kendala di atas, tetapi solusi ini tampaknya tidak tepat di tengah  situasi penularan wabah corona yang hingga kini belum kunjung menurun.

Keenam, rendahnya kemandirian belajar siswa.

Kemandirian belajar berkaitan dengan kedisiplinan diri untuk mengatur waktu belajar. Belajar dari rumah selama masa darurat ini sangat menuntut kemampuan manajemen diri dari para peserta didik. Manajemen diri siswa terukur dalam efektifitas penggunaan waktu belajar sesuai dengan beban tugas belajar yang diberikan guru. Interaksi melalui dunia maya memang menjadi kesempatan tepat bagi guru untuk mengukur perkembangan karakter peserta didik yang berkaitan dengan kedisiplinan. Dalam hal ini siswa berdisiplin dalam belajar karena motivasi dari dalam diri dan   bukan karena dorongan atau ancaman hukuman dari guru.  Lemahnya kedisiplinan diri merupakan tantangan terbesar siswa dalam proses kegiatan belajar online

Kemandirian belajar tentu tidak terlepas dari peran mendidik yang harus dioptimalkan oleh orang tua selama siswa belajar dari rumah.  Dukungan orang tua berupa pengawasan kegiatan belajar putra putri mereka  merupakan kunci utama kesuksesan kegiatan belajar dari rumah  melalui ruang online. Memastikan ketersediaan waktu belajar bagi anak-anak di rumah setiap hari merupakan salah satu bentuk peran mendidik yang amat diperlukan untuk membantu terbentuknya sikap berdikari siswa dalam belajar.Dengan kata lain, kemandirian belajar tidak akan terbentuk dalam diri peserta didik jika peran mendidik tidak dijalankan dengan sungguh-sungguh oleh orang tua siswa sendiri. Kesadaran ini amat penting mengingat guru hanya memfasilitasi proses belajar siswa melalu materi bimbingan yang dikemas secara online. Minimnya interaksi langsung antara peserta didik dan pendidik selama wabah corona dengan sendirinya membuat peran mendidik  dari para insan pendidik tidak berjalan optimal.

Baca juga : Hambatan Kenaikan Pangkat Guru Efek Korona

 42,088 kali dilihat,  14 kali dilihat hari ini