November 24, 2020

Warta Guru NTT.com

Pena Guru Milenial

Meluruskan Salah Kaprah Masyarakat Tentang “New Normal

meluruskan salah kaprah

Niko Taman

Pilih Untuk Berbagi

Sikap mental masyarakat kita yang cendrung meremehkan protokol kesehatan sangat perlu diatur/dibentuk dengan sangsi hukum yang tegas. Kesuksesan penerapan protokol kesehatan tidak bisa diwujudkan hanya dengan mengharapkan kesadaran masyarakat. Sikap mental positif untuk mendukung penerapan protokol kesehatan harus dibentuk secara konsisten dengan acuan regulasi hukum yang tegas.

Berkaitan dengan pentingnya  regulasi sangsi hukum bagi pelanggar protokol kesehatan, saatnya setiap kepala daerah selaku ketua gugus tugas penanganan covid-19 mulai dari gubernur, bupati atau wali kota di seluruh Indonesia perlu segera merumuskan Peraturan Daerah (PERDA) sebagai acuan bagi masyrakat dalam menerapakan protokol kesehatan.

Hal ini dipandang sangat urgen mengingat masih cukup banyak daerah Indonesia yang belum menerbitkan PERDA khusus terkait penerapan protokol kesehatan. Masyarakat baru sebatas dihimbau untuk menerapkan protokol kesehatan sehingga masih membuka peluang terjadinya pelanggaran.

Pada hal sikap mental masyarakat kita tidak bisa dibentuk hanyak dengan himbauan saja. Karena itu, kehadiran negara melalui sejumlah perangkat hukum  untuk memastikan penegakan protokol kesehatan  mutlak diperlukan.

Baca juga : Perlukah Kepedulian bagi Guru Honor di Masa Covid ini ?

 7,623 kali dilihat,  2 kali dilihat hari ini