Januari 18, 2021

Warta Guru NTT.com

Pena Guru Milenial

“Kecapi Batin” Ke Kantor Bahasa NTT

pengutamaan bahasa
Pilih Untuk Berbagi

Kepala UPTD SMP Negeri 13 Kota Kupang, Dra. Maria Th. R. Sadina Lana menyerahan Buku Antologi Cerpen berjudul Kecapi Batin kepada Kepala Kantor Bahasa Nusa Tenggara Timur, Valentina Lovina Tanate, S.Pd. Penyerahan itu sebagai ungkapan terima kasih kepada Kepala Kantor Bahasa NTT yang telah memberikan testimoni atas karya perseta didik di SMP negeri 13 Kota Kupang.

 “Saya menyerahkan satu buah buku antologi untuk kepala Kantor Bahasa NTT, dan dua buah untuk Kantor Bahasa NTT,” demikian Kepala UPTD SMP negeri 13 Kota Kupang, Senin 24 Agustus 2020 di kantor Bahasa NTT, di bilangan LPMP Propinsi NTT.

“Penyerahan ini sebagai bentuk penghargaan untuk Kepala Kantor Bahasa NTT yang telah memberi penguatan terhadap karya sastra cerpen peserta didik,” lanjut Kepala Sekolah yang telah membentuk Tim Literasi di sekolahnya tersebut.

Kepala Kantor Bahasa NTT, Valentina Lovina Tanate, S.Pd kepada kesempatan itu menyatakan apresiasinya kepada karya peserta didik di SMP Negeri 13 Kota Kupang. “Kita perlu mengapresiasi karya anak-anak dalam antologi cerpen yang dihasilkan oleh Tim Literasi Sekolah ( TLS ) di SMP negeri 13 Kota Kupang. Cerpen tersebut tidak bisa dilepaskan dari peran guru yang selalu berupaya menggiatkan literasi di sekolah,” ujar Ibu Valetina, demikian ia disapa.

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa dalam kegiatan bermotif literasi ini adalah peserta didik memiliki keberanian untuk berkarya. Baginya, kebiasaan menulis yang berulang-ulang sangat berdampak bagi masa depa peserta didik.

“Suatu saat mereka akan mampu menggunakan teknologi dengan baik terutama dalam kelaziman mereka dalam menghasilkan karya,” imbuh beliau yang akan menduduki jabatan baru sebagai Kepala Badan Bahasa di Kalimantan Tengah tersebut.

Penyerahan Buku Antologi Cerpen “Kecapi Batin” tersebut bersamaan dengan penyerahan hadiah bagi SMP/ MTs Negeri dan Swasta yang menjuarai Lomba Aksi Nasional Pengutamaan Bahasa Negera di Ruang Publik melalui Penghargaan Wajah Bahasa Sekolah Tingkat Propinsi NTT Tahun 2020.

Berdasarkan hasil penilain Dewan Juri dari Kantor Bahasa, telah ditetapkan terbaik 1 sampai terbaik ke- 6. Terbaik satu adalah MTs. Negeri kota Kupang, terbaik kedua SMP Negeri 13 Kota Kupang,terbaik ke-3 MTs. – Al Ikhlas Soe, terbaik ke-4 SMP 11 Kapten Fatubaa Belu, terbaik ke-5 SMP Negeri 8 Kota Kupang, dan terbaik ke-6 SMP Negeri 2 Kota Kupang.

Kepala kantor Bahasa NTT, Valentina Lovina Tanate, S.Pd, dalam kegiatan penyerahan hadiah tersebut menggarisbawahi hal mengutamakan penggunaan Bahasa Indonesia di ruang publik demi kecintaan terhadap bahasa Indonesia.

Di akhir sambutannya, ia menyampaikan terima kasih atas kerja sama yang telah terjalin selama kepemimpinannya.“Saya juga menyampaikan permohonan maaf, jika pelayanan saya selama ini kurang berkenan,” imbuhnya.

Foto-foto tentang penggunaan Bahasa di ruang public pada peserta terbaik ke-1 sampai dengan ke – 6 akan diikutsertakaan dalam perlombaan secara nasional.

Sehubungan dengan hal tersebut, Kepala Kantor Bhaasa NTT melalui anggota tim penilai Hanifa Yunita Leo, S.Pd, dan Christina T. Weking, S.S,mengharapkan adanya pembenahan terhadap penamaan ruang-ruang kelas, ruang kantor, dan hal-hal lainnya di sekolah. “Hal itu perlu dilakukan karena akan dilakukan penilaian oleh tim penilai pusat,” demikian Christin Weking, Tim Penilai dari Kantor Bahasa NTT.

Penerima hadiah yang hadir pada kesempatan tersebut adalah Kepala MTs.negeri Kota Kupang, Kepala UPTD SMP Negeri 13 Kota Kupang, Kepala UPTD SMP Negeri 8 Kota Kupang, dan Seorang guru yang mewakili Kepala UPTD SMP Negeri 2 Kota Kupang.

Kepala UPTD SMP Negeri 8 Kota Kupang, Blasius Juni, S.Pd mengungkapkan kegembiraannya, karena tidak menyangka sekolahnya termasuk nominasi terbaik walaupun menjadi terbaik ke-5. “Saya tidak menyangka kalau sekolah saya juga termasuk yang terbaik. Saya akan memperhatikan saran tim penilai dari Kantor Bahasa NTT,’’ kata Kepala sekolah yang suka menulis puisi tersebut.

Kegiatan penyerahan hadiah tersebut diakhiri dengan foto bersama.

(Penulis : Y. Joni Liwu, S.Pd, Guru SMP negeri 13 Kota Kupang)

 5,911 kali dilihat,  4 kali dilihat hari ini