Januari 18, 2021

Warta Guru NTT.com

Pena Guru Milenial

Diajak siswinya ‘Kelon’, Sang Guru : Hah? Kelon?

Diajak siswinya 'kelon
Pilih Untuk Berbagi

Diajak siswinya ‘kelon’, sang guru : Hah? Kelon?

Di masa pandemi Covid-19 ini, selalu saja muncul cerita-cerita kocak antara guru dan siswa. Baru-baru ini, sebuah tangkapan layar berisi percakapan antara guru dan siswa yang diunggah di media sosial cukup menarik perhatian warganet. Betapa tidak, percakapan siswi dan guru tersebut awalnya disalahmengerti oleh sang guru. Pasalnya, siswi menanyakan kepada sang guru dengan istilah ‘kelon’.

Padahal arti kata ‘kelon’ menurut kamus Bahasa Indonesia adalah memeluk dengan kasih sayang sambil berbaring supaya tidur. Barangkali pemahaman guru seperti inilah yang membuatnya kaget ketika seorang siswinya bertanya seperti begini : “Pak, mau tanya, jadi kelon apa tidak? Padahal yang dimaksud dengan kelon oleh siswi tersebut adalah kelas online. Kelon merupakan singkatan dari kelas online.

Baca juga : Merayakan HUT RI, Memetik Makna di Tengah Pandemi Covid-19

Percakapan chat itu diunggah oleh akun Twitter @devieri*** pada Rabu (26/8/2020). Dalam postingan tersebut dilampirkan tangkapan layar percakapan chat antara guru yang bernama Arya dan Erni (siswi).

Awalnya, sang siswi bernama Erni bertanya, apakah ada kelas online atau tidak?

“Pak Arya maaf saya Erni kelas AK-B.’19 mau tanya, jadi kelon apa tidak? Kalau jadi jam berapa?” tanya Erni.

“Hah? Kelon? Maksudnya apa?” balas sang guru.

Arya kaget mendapat chat dari anak didiknya seperti itu. Bagaimana tidak kaget, istilah ‘kelon’ artinya tidur bersama atau peluk dengan sayang.

Kelas online bapaaak,” jawab Erni.

Arya kemudian menjelaskan bahwa kelas libur karena tanggal merah.

“Oalah. Kelas libur. Tanggal merah kok ngajak kelon,” tulis Arya membalas chat siswinya.

Tangkapan layar chatingan siswa dan guru yang diunggah di twiter tersebut mendapat tanggapan-tanggapan yang kocak dari warganet. Diantanya ada yang bilang begini : “Sumpah, ini kalau dibaca istrinya Pak Arya, apa gak bubar?

Itulah, mengapa sang guru kaget ketika ditanya siswinya perihal kelon. Kelon dalam pemahaman sang guru barangkali berdasarkan pengertian kamus. Namun yang dimaksud oleh siswinya adalah pembelajaran online. Pembelajaran online itu sendiri merupakan efek dari pandemi covid-19 di hari-hari ini. Semua aktivitas pembelajaran konvensional dialihkan ke kelas online atau yang disingkat ‘kelon’ oleh siswi tersebut.*** (Yohanes Peu)

 8,746 kali dilihat,  7 kali dilihat hari ini