Site icon Warta Guru

Sambut Hardiknas, SMK Negeri 1 Welak Gelar Berbagai Lomba Tingkat Sekolah

Lomba HARDIKNAS SMKN 1 Welak

Lomba sambut HARDIKNAS 2022 SMKN 1 Welak

Sambut Hardiknas, SMK Negeri 1 Welak Gelar Berbagai Lomba Tingkat Sekolah

Kurang lebih dua bulan lagi kita akan memperingati Hari Pendidikan Nasional (HARDIKNAS), tepatnya pada tanggal 2 Mei mendatang 2022. Seperti biasa, lembaga-lembaga pendidikan mulai mempersiapkan segala sesuatunya untuk menyambut hari bersejarah itu, termasuk lembaga-lembaga pendidikan di Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Menjelang perayaan HARDIKNAS tahun ini, Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan sudah mengeluarkan surat edaran tentang penyambutan HARDIKNAS. Isi dari edaran tersebut menegaskan kepada seluruh kepala SMA dan SMK lingkup Provinsi NTT untuk ambil bagian dalam kegiatan perlombaan di tingkat Provinsi.

Tahapannya, pada setiap Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) yang berada di setiap kabupaten mengadakan perlombaan di tingkat kabupaten. Selanjutnya, yang meraih juara di tingkat kabupaten akan di kirim untuk mengikuti Lomba di tingkat Provinsi.

Menanggapi edaran Kepala Dinas tersebut, Kepala SMK Negeri 1 Welak, Manggarai Barat, Siprianus Jemadi, S.Pd. mulai mempersiapkan calon peserta lomba melalui seleksi di tingkat sekolah.

“Kegiatan perlombaan ini diselenggarakan dalam rangka menyambut HARDIKNAS. Kegiatan ini diselenggarakan juga di tingkat sekolah dalam rangka menyeleksi siswa yang akan dikirim untuk mengikuti perlombaan di tingkat MKKS Kabupaten”, terang Sipri.

Jenis – jenis perlombaan di tingkat SMKN 1 Welak merujuk pada surat edaran kepala Dinas Pendidikan Provinsi tentang HARDIKNAS, antara lain: paduan suara, lomba menyanyi Solo, debat Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, Karya Tulis Ilmiah (KTI), baca puisi, dan gebyar SMK dengan peserta lomba yang diambil dari siswa kelas X dan XI.

“Peserta lomba diambil dari setiap rombongan belajar kelas X dan kelas XI melalui wali kelas dan kerja sama dengan guru mata pelajarannya masing-masing. Sebelum perlombaan digelar, dibentuk panitia lomba. Panitia kegiatan menyiapkan segala sesuatu untuk menyukseskan perlombaan termasuk tenda dan panggung sebagai tempat pertunjukan”, lanjut Sipri.

Kegiatan yang digelar di halaman SMKN 1 Welak ini bertujuan untuk menyeleksi siswa/siswi yang akan dikirim untuk mengikuti lomba di tingkat MKKS Kabupaten. Sipri berharap dari perlombaan di tingkat sekolah ini, pihak sekolah memperoleh gambaran untuk kemudian menentukan siswa yang unggul dan dianggap mampu untuk mengikuti lomba di tingkat MKKS Kabupaten maupun untuk tingkat provinsi.

“Pengalaman-pengalaman sebelumnya, kami pilih begitu saja tanpa melalui seleksi seperti yang kami lakukan hari ini sehingga kurang maksimal hasilnya. Oleh sebab itu, barangkali dengan strategi baru ini, seperti yang kami lakukan hari ini, saya berharap siswa-siswa yang akan kami kirim nantinya memperoleh hasil yang paling tidak ya lebih baik dari sebelumnya. Syukur kalau juara sampai di tingkat provinsi”, pungkas Sipri.

Pada kegiatan perlombaan hari pertama, turut hadir koordinator pengawas untuk Kabupaten Manggarai Barat, Bapak Drs. Paulus Hansko. Paulus memberi apresiasi untuk kegiatan lombat di tingkat SMKN 1 Welak ini.

“Kegiatan perlombaan di SMK Negeri 1 Welak yang dimulai hari ini sangat baik, karena memang ada persiapan-persiapan. Ini memang wajib dibuat di tingkat Sekolah, dan ini tujuannya untuk membina mental peserta didik, karakternya, sekaligus kita mau melihat minat dan bakatnya, karena pendidikan itu bukan semata-mata di dalam kelas saja tetapi minat dan bakat yang lainnya itu seperti apa”, ungkap Paul, sapaan sang korwas.

“Dari sekian mata lomba tadi, seperti lomba menyanyikan lagu Mars NTT dan tarian daerah itu bertujuan agar para peserta didik lebih mengenal budaya daerahnya masing-masing. Satu yang paling penting lagi adalah lomba debat Bahasa Inggris, ini sangat erat sekali kaitannya dengan pengembangan pariwisata super premium Labuan Bajo, di mana peserta didik dilatih di tingkat sekolah agar bisa berbahasa Inggris sehingga bisa menyesuaikan diri dengan kemajuan industri pariwisata di daerah ini”, lanjutnya.

Menurut Paul, para pengawas perlu hadir untuk mengawasi keberlangsungan kegiatan-kegiatan perlombaan yang diadakan di sekolah.

“Saya selaku koordinator pengawas selalu memantau kegiatan-kegiatan di sekolah terutama kegiatan lomba ini. Jadi tidak serta merta mengirimkan anak tanpa ada ekshibisi di tingkat Sekolah. Yang dikirim ke tingkat kabupaten adalah mereka yang betul-betul sudah siap yang telah mengikuti tahapan-tahapan seleksi di tingkat sekolah. Seleksi di tingkat sekolah ini dilakukan juga untuk menghindari penafsiran-penafsiran lain di tengah komunitas peserta didik maupun di tengah masyarakat. Siapa yang juara, itulah yang dikirim”, ungkapnya lagi.

Beliau berharap kegiatan ini bisa sukses dan menghasilkan para juara yang bermutu agar bisa tampil prima pada tingkat selanjutnya. Beliau pun tidak lupa memberi saran kepada Semua Guru dan Tenaga Kependidikan di SMK Negeri 1 Welak agar memberikan pembinaan dan bimbingan rutin kepada anak-anak.

 

“Saran saya, yang pertama para guru beri pembinaan dan bimbingan rutin kepada anak-anak secara maksimal. Dan kalau bisa ya terjadwal, misalnya sekali dalam sepekan. Jangan hanya pada saat menjelang lomba. Yang kedua, tata lembaga ini sebaik-baiknya, serapi mungkin agar peserta didik merasa betah di lingkungan sekolahnya.” tutupnya.

Sementara itu, Alfonsus Son, S. Pt selaku ketua panitia lomba membeberkan informasi mengenai persiapan-persiapan lomba. “Berkaitan dengan persiapan lomba yang dimulai hari ini ditekankan kepada setiap koordinator mata lomba agar bisa mendampingi peserta lomba sesuai dengan bidang-bidang lomba yang ditampilkan mulai hari ini sampai dengan Hari Jum’at tanggal 18 Maret tahun 2022. Saya sudah koordinasi dan semua koordinator mata lomba sudah menyiapkan peserta lomba yang siap tampil.” tegas Alfonsus.

Untuk diketahui, SMK Negeri 1 Welak beralamat di Datak, Desa Golo Ronggot, Kec. Welak, Kabupaten Manggarai Barat. Sekolah ini mulai berdiri sejak Tahun 2005. SMK Negeri 1 Welak adalah sekolah kejuruan pertama di Kecamatan Welak. Sekolah ini mengelola dua program keahlian yaitu; Agribisnis Ternak Ruminansia (ATR) dan Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura (ATPH).

Menurut kepala sekolah, sudah diusulkan penambahan program keahlian baru yaitu Usaha Perjalanan Wisata (UPW) dan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ).  Kalau usulun tersebut diterima, maka dua program baru tersebut bisa dijalankan pada tahun pelajaran yang akan datang.

Laporan Marianus Haryanto, S. Pd.

Guru Matematika SMK Negeri 1 Welak, Manggarai Barat

 173 total views,  1 views today

Exit mobile version