GURU, NEWS  

Aturan Baru, Guru Bisa Pensiun 58 Tahun

Aturan Baru, Guru Bisa Pensiun 58 Tahun
Guru-guru SDI Bertingkat Kelapa Lima 3 Kupang, NTT (Foto ini hanyalah pemanis tulisan)

Batas usia pensiun semua guru 60 tahun? Itu aturan lama. Saat ini pemerintah telah mengeluarkan aturan baru untuk batas usia pensiun guru  PNS. Melalui Surat Kepala BKN Nomor: K.26-30/V.119-2/99 tentang Batas Usia Bagi PNS yang Memegang Jabatan Fungsional disebutkan batas usia pensiun PNS minimal 58 tahun dan maksimal 65 tahun. Sebagai sebuah jabatan fungsional, guru termasuk dalam kategori batas usia pensiun minimal 58 tahun dan maksimal 65 tahun ini.

Surat Kepala BKN tertanggal 3 Oktober 2017 tersebut mengatur batas usia PNS dalam tiga tingkatan yakni 58 tahun, 60 tahun, dan 65 tahun dengan pembagian sebagai berikut :

1. Usia 58 tahun bagi pejabat administrasi pejabat fungsional ahli pertama, pejabat fungsional ahli muda dan pejabat fungsional keterampilan.

2. Usia 60 tahun bagi pejabat pimpinan tinggi dan pejabat fungsional madya.

3. Usia 65 tahun bagi PNS yang memangku pejabat fungsional ahli utama.

Bagaimana dengan jabatan fungsional guru terkait penerapan aturan tersebut?

Jenjang jabatan fungsional guru antara lain : Guru Pertama (golongan ruang III/a dan III/b), guru Muda (golongan ruang III/c dan III/d), Guru Madya (golongan ruang IV/a, IV/b dan IV/c), dan Guru Utama (golongan IV/d dan IV/e).

Jika merujuk pada ketentuan batas usia pensiun menurut aturan di atas maka :

  1. Jenjang jabatan fungsional Guru Pertama dan Guru Muda (Pejabat Fungsional ahli Pertama dan ahli muda) golongan ruang, III/a hingga III/d batas usia pensiunnya adalah 58 tahun.
  2. Jenjang jabatan fungsional Guru Madya (Pejabat Fungsional ahli Madya) golongan ruang IV/a hingga IV/c batas usia pensiunnya adalah 60 tahun.
  3. Jenjang jabatan fungsional Guru Utama (pejabat fungsional ahli utama) golongan ruang IV/d dan IV/e batas usia pensiunnya adalah 65 tahun.

Sebagai contoh, Haris, seorang guru yang telah mencapai jenjang jabatan fungsional Guru Muda golongan/ruang III/d apabila telah berumur 58 tahun namun belum naik ke golongan ruang IV/a maka Haris akan pensiun di usia 58 tahun. Namun jika sebelum 58 tahun Haris telah naik ke golongan VI/a maka ia akan pensiun di usia 60 tahun.

Demikian halnya dengan guru golongan/ruang III/a, III/b dan III/c, apabila telah mencapai usia 58 tahun maka akan diberhentikan dengan hormat pada usia tersebut.

Contoh lainnya, Yanto, seorang guru yang telah mencapai jenjang jabatan fungsional Guru Madya golongan/ruang IV/c apabila telah berumur 60 tahun namun belum naik ke golongan IV/d maka Yanto akan pensiun di usia 60 tahun. Namun jika sebelum 60 tahun Yanto telah naik ke golongan/ruang IV/d maka ia akan pensiun di usia 65 tahun.

Demikianlah sekilas info terkait usia pensiun guru PNS.

(Yohanes Peu)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *