GOLONGAN PPPK BISA LONCAT KATA KEPALA BKN

  • Share

Hai pemerintah berencana untuk melakukan rekrutmen 1 juta guru pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja pada tahun 2021 ini halo halo Hai assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Sedikit menjelaskan mengenai permasalahan skema P3K yang akhir-akhir ini menjadi berita di media massa.

Pemerintah berencana untuk melakukan rekrutmen 1 juta guru pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja pada tahun 2021 ini.

Kesempatan ini terbuka bagi para guru honorer termasuk di dalamnya guru honorer kategori 2.  Mereka bisa mendaftar dan mengikuti ujian seleksi guru pppk yang diadakan pada tahun ini. Rencana dan persyaratan ini juga telah diumumkan oleh kementerian pendidikan dan kebudayaan pada tanggal 23 November tahun 2020 dan saat ini BKN sedang mempersiapkan pelaksanaan seleksi rekrutmen 1 juta leader BPK ini pada tahun ini sasaran utama reformasi birokrasi itu telah tertuang dalam grand design reformasi birokrasi dalam Peraturan Presiden Nomor 81 tahun 2010 yang sasaran utamanya adalah untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik.

Untuk itu aparatur sipil negara tidak terkecuali yang ada dalam birokrasi saat ini tapi juga yang akan direkrut harus mampu mencapai peningkatan kualitas layanan tersebut. Jadi ini sebagai suatu kritik Ya bagi pola rekrutmen untuk semuanya akan direkrut menjadi aparatur sipil negara PNS dan PPPK ini memiliki kedudukan tugas dan tanggung jawab yang sama dalam memberikan pelayanan publik yang baik kepada masyarakat.

Jadi PPPK ini bukanlah tenaga kontrak.  Dia adalah aparatur sipil negara yang memiliki profesionalisme. Maka PPK ini lebih dikhususkan untuk merekrut tenaga profesional jabatan-jabatan tertentu jadi misalnya kita membutuhkan guru besar dalam suatu kompetensi tertentu maka dengan skema PPPK ini kita bisa merekrut guru besar langsung pada posisi guru besar yang memiliki kualifikasi yang kita butuhkan jadi tidak harus melalui rekrutmen awal dari bawah dari dosen pertama dosen muda kemudian tidak lektor terbaru guru besar.

Nah PPK ini adalah dimaksudkan untuk seperti itu sesuai dengan Peraturan Presiden nomor 38 tahun 2020 terdapat 147 jabatan yang dapat diisi oleh PPPK Antara 147 jabatan fungsional ini didalamnya juga adalah jabatan leader jadi leader ini satu diantara 147 jabatan fungsional yang bisa diisi oleh pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja PPK ini akan memperoleh hak yang sama dengan asn.

Pendapatan berupa gaji dan tunjangan sama besarnya dengan yang diterima PNS sesuai dengan statu dan kelompok jabatan yang sama pengaturan mengenai gaji dan tunjangan BPK diatur dalam Perpres Nomor 98 tahun 2020 tentang gaji dan tunjangan ptk untuk hak pppk lainnya. Hak dan perlindungan mereka memiliki tahap yang sama dengan PNS seperti hak cuti hak untuk pengembangan kompetensi.

PPPK juga mendapatkan perlindungan jaminan hari tua jaminan kesehatan jaminan kecelakaan kerja hingga bantuan hukum seperti yang diperoleh PNS. Kelebihan lain dari pppk ini adalah pelamar tidak terikat batas usia maksimum 30 tahun seperti yang berlaku bagi PNS dengan rencana rekrutmen melalui skema pppk ini seorang calon PPPK tidak harus memulai karir dari bawah tidak harus kepada jabatan fungsional jenjang pertama kemudian bertahap naik menjadi jabatan lebih muda dan seterusnya seperti yang dilatih berlakukan bagi PNS melalui kenaikan jenjang jabatan.

Jadi PPK ini bisa lompat tidak harus naik bertahap seperti PNS. Hal yang berbeda antara PNS dan PPK adalah sistem pensiun yang ada sekarang ini belum diberikan kepada PPPK. Namun demikian tidak tertutup kemungkinan PPPK memperoleh pensiun melalui perubahan mendasar dari skema pensiun

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.